Alasan Kaca Film Dipasang dibagian Dalam Mobil

Kaca film bisa dibilang sebagai komponen penting. Selain berguna mereduksi sinar matahari yang masuk, lapisan ini juga bisa menahan pecahan kaca masuk ke dalam mobil bila terjadi kecelakaan.

Lalu, mengapa kaca film selalu dilekatkan pada kaca mobil bagian dalam? Adakah alasan khusus untuk itu?

Billy Susanto, Head of Aftersales Service V -Kool Indonesia, mengatakan,  tidak ada alasan khusus mengenai hal itu. Tapi, jika dilihat dari berbagai aspek, maka menempatkan kaca film di bagian dalam mobil paling tepat.

“Dari segi keselamatan misalnya, kaca film berguna untuk mencegah pecahan kaca ke kabin selama kacanya berada di dalam. Ini akan tidak bermanfaat seandainya kaca film ditempelkan di luar,” ujar Billy, di kantor V-Kool, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Selain itu, akan lebih banyak ruginya jika seandainya memasang kaca film di bagian depan. “Kalau ditaruh di depan misalnya, nanti kan akan bergesekan terus dengan wiper, nanti akan lebih cepat rusak,” ujar Billy. “Belum lagi serpihan-serpihan kerikil,” tambahnya.

Billy juga tidak menganjurkan memasang kaca film di dalam dan di luar sekaligus. “Bisa saja kalau mau uji coba, tapi untuk apa, tidak akan ada manfaatnya,” tutupnya.

Sumber : liputan6

Leave a Reply